Sulami2021-12-212021-12-212021-04-01https://repository.stikes-alinsyirah.ac.id/handle/123456789/104Sindrom premenstruasi adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan perilaku yang terjadi selama akhir fase luteal dalam siklus menstruasi dan berakhir dengan awitan menstruasi. Pada setiap individu pasti tidak sama perilakunya saat akan mengalami Premenstrual Syndrome. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan premenstrual syndrome dengan aktivitas belajar siswi di SMK Negeri 1 Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain analitik melalui pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada 8-9 Februari 2021. Populasi penelitian adalah siswi sebanyak 101 orang, sampel pada penelitian sebanyak 81 orang dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi square. Didapatkan hasil analisis statistik dengan uji Pearson Chi-Square dengan p value (0,000< 0,05) diketahui bahwa ada hubungan premenstrual syndrome dengan aktivitas belajar siswi. Dapat disimpulkan penelitian ini terdapat hubungan antara premenstrual syndrome dengan aktivitas belajar siswi. Diharapkan pihak sekolah dapat memfasilitasi para siswi untuk dapat memperoleh informasi lebih banyak tentang kesehatan reproduksi terutama tentang premenstrual syndrome.Hubungan Premenstrual Syndrome dengan Aktivitas Belajar Siswi Di SMK Negeri 1 Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu