Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di Poliklinik Kebidanan RSUD Kepulauan Meranti
Date
2021-04-01
Authors
Renti
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian pasien terhadap tingkat pelayanan yang diterima. Suatu pelayanan dikatakan baik oleh pasien jika jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan atau harapan pasien. Kualitas pelayanan kesehatan yang baik dapat menimbulkan rasa puas terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Poliklinik Kebidanan RSUD Kepulauan Meranti yang dilakukan pada bulan Juli 2020 - Februari 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data Univariat dan Bivariat dengan uji Kolmogorov-Sminov Z. hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara realibilitya(pvalue=0,000),tangible(pvalue=0,023),emphaty(pvalue=0,016).dan tidak ada hubungan antara responsiveness(0,111),assurance(pvalue=0,145) dengan kepuasan pasien BPJS dipoliklinik RSUD kepulauan meranti. bagi RSUD Kepulauan Meranti pada bagian poliklinik kebidanan agar meningkatkan keterampilan bidan, mengedepankan keramahan terhadap pasien dan memperbaiki sarana dan pra sarana yang ada.